Laman

Jumat, 31 Januari 2014

Semangat itu tak akan pupus...

Pebruari 2012

Langkah itu baru ku mulai.
Saat musim libur kuliah datang, teman2 sudah bersiap siap dengan agenda liburannya masing2. Pulang kampung, fieldtrip, kerja part time atau menetap di kos an menghabiskan uang bulanan mengunjungi shopping center di Kota. Di kos an, Aku yang paling jarang pulang kampung. Bukan karena tak rindu keluarga, bukan itu. Aku menunggu kepulangan teman2 dari Pare "Kampung Inggris". Dari berbagai sumber internet dan temen2 yang yang baru pulang, Aku juga baru tahu tentang Pare. Pare adalah sebuah kecamatan di Kota Kediri,bisa ditempuh 30 menit dengan bis kota,di  Jawa Timur. Tak jauh dari alun2 kota Pare, 2 desa yaitu desa Pelem dan Tulung Rejo. Disebut kampung Inggris bukan karena banyak orang Inggris di sini, tapi karena banyaknya lembaga kursus bahasa inggris yang didirikan oleh penduduk sekitar #Subhanallah, keren deh. Ada sekitar 100 an lembaga kursus di sini. Tak hanya program bahasa inggris komplit yang disediakn, tapi juga bahasa lain, Korea, arab, Mandarin dan bahasa Jepang.

Tapi itu cerita saat kuliah, saat semua terasa terbatas bahkan untuk program fieldtrip prodi. Tak ada list agenda liburan ke luar kota dalam daftar liburanku. Bisa kuliah saja, bersyukur sekali. Kuliah lancar, IPK baik2 saja, wisuda tepat waktu sudah cukup membuatku senang.

Alhamdulillah, beasiswa dari pemkab cair, meskipun kuliahku sudah selesai. Tak ku sia2kan kesempatan ini sebagai peluang bisa menginjakkan jejak di pulau jawa terutama Pare "kampung Inggris". Berbekal beasiswa, tambahan saku dari Bapak, tabungan dari gajiku 6 bulan bekerja Aku bisa memesan tiket via jasa reservasi.Sedihnya harus sendiri, kalo masih kuliah pastinya bareng  temen2 sekelas. Tak apalah, perjalanan pertama terjauhku.

Bismillahi majreha.......Lion DJM-CGK pukul 05.40 WIB, Setia Kencana Jakarta- Kediri 13.00 WIB. Sepanjang perjalanan, tak henti ku berdoa (katanya doa musafir diijabah). Kumanfaatkan untuk berdoa sebanyak mungkin, selamat sampai tujuan, berkumpul lagi dengan majelis pekanan yang akan ku tinggal selama 3 bulan (3 hari pertama di Pare, aku sudah dapat kelompok lagi). 18 Jam perjalanan bis malam, alhamdulillah aku menghirup udara kota Kediri. 30 menit kemudian Aku sudah di Kota Pare 'Kampung Inggris". Pagi itu juga langsung dapat penginapan (itu enaknya jika menggunakan jasa reservasi). Sampai di sana kita tak bingung mencari kos an selama program. Dari jam 7 pagi sampai 9 malam, kampung ini ramai dengan cap cis cus para siswa yang berbahasa Inggris, baik di Kantin, Jalan, Gang, saat sarapan, makan siang atau istirahat. Aku masih belum terbiasa saat pagi pertama di sini. Pukul 3 surau2 sudah mengumandangkan azan pertamanya membangunkan para warga untk bersiap2 sholat shubuh. 03.40 waktu shubuh sudah masuk. Pukul 6 pagi kantin2 sudah di penuhi dengan para siswa dari seluruh Nusantara untuk sarapan dan bersiap ke tempat kursus masing sesuai program yang diambil. Apa yang ku kerjakan di hari pertama....????




Tidak ada komentar: