Laman

Senin, 20 Januari 2014

Membuka Pintu Kedewasaan....


Tumbuh menjadi dewasa itu sudah semestinya. Tapi tumbuh dewasa tidak terjadi secara otomatis. Karena kedewasaan adalah prilaku dan sikap. Tidak diukur dari usia dan berapa lama ia mengarungi hidup. Tak ada kematangan yang diperoleh secara instan. Kedewasaan  adalah puncak  dari kekuatan hidup yang harus kita miliki  untuk  memberi makna dan arti dalam perjalanan hidup kita. Jiwa ini perlu benturan dan tantangan sehingga kita bermujahadah. Dari mujahadah inilah akan muncul kualitas iman yang baik.


        Ketika Ali Bin Abi Thalib bersedia menggantikan Rosulullah di atas tempat tidurnya, saat beliau akan hijrah ke Madinah . tentu bukan karena keberanian Ali semata, tetapi karena ia mengerti apa yang harus ia lakukan untuk Rosul dan ummat islam di Madinah. Ini bukan semata pengorbanan jiwa tapi cerminan kedewasaan yang dimulai dari keberanian…


          Kita perlu memberi makanan hati supaya  jiwa stabil dan tidak meledak-ledak yang menunjukkan ketidakdewasaan. Kita perlu menjaga sifat-sifat positif seperti memperbaiki kualitas sholat, ibadah sunnah, membaca Al quran, berdoa dan mendalami ilmu-ilmu agama dengan membaca dan berguru dengan orang-orang sholeh..

Tidak ada komentar: